Senin, 26 Desember 2011

Trip to Bogor

Akhirnya niat saya untuk jalan-jalan keliling kota Bogor sendirian kesampaian juga sebelum 2012 datang. Disaat semua orang galau karena ga punya pacar, saya malah autis dan menikmati masa-masa single saya. Karena ternyata rasanya menyenangkan sekali jalan-jalan di kota yang belum pernah saya singgahi sama sekali seumur hidup saya. Inilah kota Bogor yang menurut saya suasana dan tempatnya sangat menyenangkan. Orangnya ramah-ramah sehingga saya wanita autis yang hobi travelling ini berani buat menginjakkan kaki di sini sendirian tanpa memegang peta, dan peralatan lain yang dibutuhkan oleh orang buta arah. Resep utama untuk tau arah adalah dengan BERTANYA. Dan menggunakan kelebihan saya sebagai perempuan. tinggal sibak rambut dan kedip sana sini serta murah senyum, maka banyak sekali yang berbaik hati menunjukkan arah bahkan banyak juga yang baik hati mau mengantarkan saya hingga tempat tujuan. Huaaahhh baru kali ini merasakan enaknya jadi perempuan. hihihihihi.

1. Angkot
Jadi, katanya sih ya di Bogor ini angkot ini sangat populer di berbagai kalangan. Jadi saya berniat keliling Bogor pake angkot. Kayak apa sih rasanya naik kendaraan paling populer di Bogor ini?
Pertama saya shock setengah mati soalnya emang JUARA banget ya ini angkot Bogor. Bener-bener raja jalanan dari semua macam kendaraan. Jadi, jangan ragu buat memberikan jalan buat angkot Bogor daripada kendaraan pribadi anda tergores secara sia-sia. Yang pasti orang bogor pasti hafal angkot bukan dari warnanya tapi dari NOMERNYA. Jangan-jangan orang2 olimpiade matematika berasal dari kota bogor semua ya.

Nih ada angkot seenak jidat berhenti di tengah jalan yang tingkat keramaiannya tinggi. Tapi berkat itu, angkot Bogor ini digandrungi oleh berbagai kalangan. Soalnya sampe tujuannya cepet dan kita berasa raja di jalan. Semuanya pada minggir kalo ada angkot Bogor. hihihihihi


2. Taman Kencana
Tujuan pertama saya adalah wisata kuliner. Dan yang pertama kali saya coba adalah MACARONI PANGGANG. ini nama tempat makan yang tempatnya enak parah dan emang makanannya patut diacungin jempol. Karena emang enak banget. Nah tempat makan ini ternyata terletak di Taman Kencana yang emang di daerah situ banyak banget tempat-tempat makan enak dengan harga terjangkau dan tempat yang cozy dan bertebaranlah pria ganteng dan wanita wanita berkulit paling bagus (baca:cina). Ada tempat makan yang namanya pizza bakar (ini enak banget! pizza yang lain bakalan kalah sama pizza bakar ini deh), ada lazagna gulung (niat mau coba tapi perut udah kenyang), dan ada Cafe Taman (ini waitressnya ganteng2 banget sumpah ga boong, dan enaknya makan di sana pas malem2 karena dekorasinya pas banget buat malem).



Taman Kencana


Tempat makan "Macaroni Panggang"

3. Kebun Raya Bogor
Nah setelah saya wisata kuliner, saya langsung melesat ke wisata alam di Bogor yang paling dibanggakan. Namanya Kebun Raya Bogor. Setelah saya menggunakan jurus andalan sibak2 rambut, saya tanya-tanya dari taman kencana ke sana naik angkot apaan, nah akhirnya saya sampai juga di gerbang depan Kebun Raya Bogor.

Saya kan datengnya hari jumat, bukan hari libur, jadi ga terlalu ramai kebun raya bogornya. Kalo sesuai hasil obrolan saya sama penjual sekitar, katanya paling rame itu kalo weekend. Dan kebanyakan keluarga yang wisata ke sini kalo weekend. kalo hari biasa malah yang pada pacaran gitu deh. Salah banget kan saya malah datengnya bukan pas weekend. Jadi aja ga bisa keceng sana keceng sini, sibak sana sibak sini. hehehe. Makanya kayaknya aneh ya kalo saya dateng ke sini sendirian. Soalnya, kan saya waktu itu bingung beli tiket masuknya dimana soalnya emang ga keliatan gitu deh. Trus saya tanya aja ke satpam setempat.
saya : "Pak, beli tiket masuknya dimana ya?" sambil sibak-sibak rambut dan senyum-senyum membunuh
satpam : "Oh di atas situ neng, masuk aja."
saya : "makasih pak" sambil senyum dan lagi-lagi sibak rambut.
satpam : "lho neng sendirian aja?"
saya : "iya pak. kenapa emang pak? serem emang di dalemnya pak?" dengan muka polos tanya-tanya serem apa engga, soalnya kata temen saya yang orang bogor asle, katanya di sini banyak mistisnya. kan saya jadi takut.
satpam : "hehehe, engga neng nanya aja. kirain tuh rombongan. ga taunya sendiri."
saya : "hehehe, iya pak. habis ga punya pacar sih." sambil curhat.
satpam : "healaaah, mau ditemenin neng?"
saya : "waduh, ga usah pak. kan bapak lagi kerja. tapi makasih banyak y pak." ciat-ciat saya silat lidah, kan saya lagi pengen autis ~_~
eh, ternyata ga dapet satpam, ga dapet tentara (soalnya di dalem banyak banget tentara-tentara yang lengannya bagus-bagus secara saya fetish sama tangan, HAHAHAHA) eh lumayanlah ya dapet temen ibu-ibu sama anaknya gitu deh. hehehe. Jadilah saya masuk sendirian dengan berpedoman sama flyer lokasi-lokasi di kebun raya bogor yang saya minta di bagian informasi.


 Nah ini pintu masuk buat yang bawa kendaraan, dan pintu keluar untuk siapa saja Ada pak satpam juga saya foto karena saya berasa berhutang budi sudah ditunjukkan tempat beli tiketnya.


Nah ini bisa disewa buat nikahan, nginep, dll. Bisa sewa per kamar ataupun satu rumah ini


Ini jalan masuk ke Hutan yang entar ngarah ke bunga raflesia. Tapi kan berbunganya tiap berapa taun sekali gitu jadi waktu saya ke sana ga nemu bunganya :(


Nah ini bagi yang demen belanja souvenir dan cinta tanaman. Ada namanya Garden Shop di dalem kebun raya bogor ini. Semua keperluan buat taneman di sedian di sini. Mulai dari pupuk, bibit, dsb. Bahkan makanan manusia juga ada kok. kayak minuman kaleng dll. Soalnya kalo masuk ke kebun raya bogor jalan kaki itu, bener-bener lumayan menguras tenaga loh. hueee


Nah ini taman utama di kebun raya bogornya. Pokoknya bagus banget deh. Bahkan di taman utamanya ini ada restaurant gitu kalo mau sekedar makan sambil ngeliat pemandangan yang bagusnya parah sih. bagus banget. Kita berasa ada di dunia mana gitu.






Nah kalo yang di bawah ini, adalah monumen dari ahli botani Belanda gitu yang istrinya kena penyakit malaria, makanya dibuatin monumen sebagai rasa sayang dan untuk memperingatin istrinya yang meninggal gara-gara malaria. Aduh, romantis banget kan ya. Mungkin ahli botani itu pada romantis-romantis gitu kali ya. Soalnya ada juga yang disebut pohon jodoh yang katanya sih kalo pasangan yang duduk di pohon jodoh itu, pulang dari kebun raya bogor ini langsung memutuskan buat menikah secepatnya. beuhhhh, romansa cinta dan cita. uhuy.


monumen


pohon jodoh. kayunya ada yang lunak sama keras. Makanya disebut pohon jodoh


Nah, ternyata ada wisata baru di dalam kebun raya bogor ini. Apakah itu? Museum ZOOLOGI inilah yang baru dibuka. Museum Zoologi ini tuh keren banget. Soalnya berasa kita ada di film Night At The museum itu loh. Karena banyak banget hewan-hewan langka yang bisa kita liat dan pelajari buat pengetahuan. Kalo bawa anak, paling cocok diajak ke sini. Buat pengetahuan umum nih. Beneran bagus dan bermanfaat banget soalnya.

Ini dia pintu masuk ke museum zoologinya


Masih di depan pintu masuk museum zoologi


Ini ruangan yang pertama kali diliat begitu masuk


Kerangka Ikan Paus Biru


 Sebenernya ada banyak macem-macem kupu-kupu yang ditampilin. Ini salah satu contohnya aja.


Ada trenggiling jugaaaaa

Nah hasil dari muter-muter itu, didapatkanlah bentuk Sungai Ciliwung yang selama ini terkenal bikin heboh Jakarta kalo Bogor hujan. Soalnya bawa air bah buat kebanjirannya Jakarta. Ih kasian deh lo. Suruh siapa bendungan yang ada di Bogor dibuat jadi perumahan. Padahal itu buat nampung air bahnya kota bogor kalo ujan. Jadi aja kan air kiriman sungai ciliwung ini jadi banjir buat kota Jakarta. heu.


Sungai Ciliwung yang legendaris

Nah begitulah kira-kira kisah kasih autis saya saat di Bogor. Pokoknya selama 2 hari saya di Bogor ini, saya menginap di hotel Parango 3 yang sangat strategis lokasinya. Kira-kira gini deh bentukan kamarnya. Lumayan terjangkau sih harganya.


kamar standard dengan two single bed. Padahal saya maunya yang miniroom yang buat 1 orang itu, tapi penuuuuh. Jadi yasudahlahyaaa.

Adapun keberhasilan saya dapat melanglang buana ini tak luput dari bantuan ratu biawak yang senantiasa menyalakan HP supaya mudah dihubungi kalau saya tersesat kemana-mana. Juga supir angkot gaol yang juara yang sering saya ajak bicara pas dia lagi nyetir dan tetep JUARA ga pernah nabrak walaupun itu kayaknya tinggal 1 centi lagi bakalan nyerempet kayaknya, juga satpam-satpam yang baik hati yang mau saya kerjain. bahkan ada pembicaraan satpam mall Jambu dua yang bikin kadang kalo saya inget, suka ketawa sendiri,

saya :"misi pak, mau tanya, atm BNI dimana ya pak?"
satpam : "oh itu mba lurus aja ikutin jalan ini, nanti juga nemu ATMnya." sambil nunjukin arah jalan yang harus saya tempuh
saya : "oh gitu pak ya, makasih ya. kalo tempat sampah dimana pak?"
si satpam cuma nyengir kuda kebingungan sama pertanyaan saya.
saya : "ini pak mau buang sampah, tapi kok ga ada ya tempat sampahnya." saya berusaha menjelaskan sambil menunjukkan botol minuman kosong saya. dan tetep sibak-sibak rambut bertampang innocent.
satpam : "oh gitu. aduh dimana ya." masih kebingungan sambil garuk2 pantat, eh kepala maksudnya.
saya ikutan garuk-garuk ketek, kepala, dan pantat. Maklum belum mandi seharian. dan akhirnya pak satpam karena liat saya yang udah berusaha ikutan garuk-garuk, akhirnya memberikan jawaban juga.
satpam : "coba mba masuk ke dalem aja. kayaknya ada deh di dalem."
sayapun mengucapkan terimakasih sambil ngacungin jempol. dan setelah saya berhasil mencapai tujuan saya dan akan pulang dan ketemu lagi sama pak satpam yang suka garuk-garuk itu,
satpam : "gimana mba? udah ketemu?"
saya nyengir lebar sambil bilang "udah dong pak." dan reflek saya ajak TOS. adeuuuuh, emang udah sarap kali ya saya. maap ya bapak, saya ga bermaksud ngerjain pak satpam lho.

Selain itu kesuksesan ini terlibat juga penjaga hotel yang baik hati mau nganterin saya pake motor ke atm BNI, juga emang-emang ojek gratisan yang mau nganterin saya nyari hotel murah. Juga tukang parkir dan emang-emang tukang kayu yang mau repot saya tanyain arah jalan. Juga McD Giant deket SMA 3 Bogor yang bisa saya tumpangi buat menunggu ratu biawak selama 3 jam sambil numpang ngenet dan cuma pesen sundae strawberry.

Pokoknya perjalanan ngautis sendirian ini sungguh sangat menyenangkan. hihiih
Jadi, siapa bilang perempuan itu ga bisa jalan-jalan sendirian?

3 komentar:

  1. sumpah autis abis..gw aja belom pernah ke kebon raya sendirian..hahaha..hotel lo padahal deket rumah gw,,ga maen2 ih..

    -nina-

    BalasHapus
  2. HAHAHAHA mau nomer hp lo dong nin. HIHIHIHI

    BalasHapus
  3. gue juga pernah sendirian ke sana haha

    BalasHapus