Kamis, 19 Juli 2012

lama tak dibuka

Setelah bincang-bincang sore dengan senior dan junior, tiba-tiba saya jadi penasaran sama email saya yang sudah lama tidak saya buka.

katanya sih sudah berubah.
katanya juga sih diskusinya jadi lebih asik.
...
...
...
iya sih bagus.... tapi di awal.


cuman capek aja ngeliatin semuanya adu argumen dengan arogansi masing-masing.
kalo diliat-liat ada satu kesamaan.
semuanya sama-sama ga punya respect.
arogan.

kalo yg bawah, ga respect sama yg atas.
kalo yang atas, ga respect sama yg bawah.
rasa arogan ini menimbulkan banyak sekali akibat dalam kehidupan masing-masing. termasuk sikap defensif yang selalu muncul disaat merasa terserang. yang dibutuhkan saat ini adalah sikap fleksibel yg bisa melihat dari berbagai sudut pandang sehingga langkah-langkah yang akan diambil pun masuk akal dan dapat diterapkan.

kalau diliat dari perkembangan zaman, setiap jaman, mempunyai pembentukan karakter terhadap pribadi masing-masing. Tentunya teratment yang dilakukan juga berbeda-beda.

metode pendidikan seperti apakah yang harus dilakukan agar anak bisa terbentuk dengan "baik"?
nah kata "baik" ini ada baiknya dideskripsikan terlebih dahulu.

bukannya selalu mengatakan, "jaman saya dulu....blablabla"
itu udah kadaluarsa.
karena ga semua metode jaman dulu bisa diterapkan ke anak-anak jaman sekarang.
dan ga semua metode jaman sekarang, bisa diterapkan ke orang-orang jaman purba.

saya selaku pengamat dan juga pelaksana yang udah overwhelmed sama kata-kata "BENAR MENURUT SAYA"
coba sekali-kali diubah jadi "BENAR DILIHAT DARI SUDUT PANDANG INI, ITU, DAN YANG LAIN-LAINNYA"

masalah itu selalu ada kok. yang penting itu solusi untuk menghadapi masalah tersebut.
kalo cuma saling menyalahkan dan membanggakan diri, anak kecil juga bisa ngelakuin itu.
sedangkan kita bukan anak kecil lagi.

karena hidup kita ga akan sia-sia kalau memang kita bisa bermanfaat untuk orang lain. sesimple itu loh hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar