Kamis, 14 Maret 2013

Koki pemula

Oke, entah kenapa akhir-akhir ini gue punya hobi baru, MASAK!
Alasan pertama, irit.
Alasan kedua, biar nanti kalo jadi ibu gue jago masak biar bisa dibanggain sama anak gue entar kalo mereka bawa bekal ke sekolah. hahahaha masih lama yak?

Sebenernya dari dulu emak gue itu sama tante-tante gue ngajarin gue masak, tapi ga ngerti-ngerti. Jadi ga pernah pede kalo harus masak sendiri gitu loh. Karena bumbu rempah-rempah di Indonesia itu banyak banget. Sampe bingung harus pake yang mana. Jadinya, cara belajar pertama gue itu adalah dengan mengelompokkan masakan rumahan ke dalam 3 kategori.

#1 OSENG-OSENG
Nah si oseng-oseng ini paling gampang, bumbunya itu cuma bawang putih, bawang merah sih yang utama. Sisanya sesuai selera gitu. kayak misal mau pedes, dikasih potongan cabai. Dan paling yahud itu, bawang putih yang dikeprek (ngikutin orang cina masak) sama bawang merah yang dirajang. Trus ditumis pake mentega. Udah deh jadi.

#2 BERKUAH
Nah kalo yang berkuah tanpa santan ini, bumbunya juga gampang. bawang putih sama merica aja gitu loh. Kalo pake daging-dagingan, yang paling penting itu kaldunya sih. karena kalo ga pake kaldu, fix banget ga enak. Nah, resep jitunya itu, tumis si bawang putihnya pake mentega. nanti sama mentega-menteganya dan bawang yang udah ditumis itu, dimasukin ke dalem masakan berkuah ini. pasti enak. dan jangan lupa sama muncang dan seledri.

#3 BERSANTAN
Nah tipe masakan ini nih paling ribet. soalnya bumbunya banyak banget. Jadi, pake salam, sereh, laos, kemiri, ketumbar, bawang putih sama bawang merah. ribet deh rempah-rempahnya banyak.

Nah setelah dikelompokkin kayak gitu, baru deh belajar kegunaan bumbu-bumbunya. Soalnya kalo kayak gitu, masukin bumbunya bisa sesuai selera gitu. nah berhubung gue newbie, makanaya pengetahuan gue ga banyak.
merica: bikin efek pedes
kunyit: bikin warna kuning
jeruk nipis: ngilangin bau amis buat ayam, sama hewan2 laut
garam: ngilangin darah di ayam
santan: bikin gurih
jahe: bikin aroma jahe, rempah-rempah
gula: pengganti penyedap rasa, bikin bumbu2 makin nampol di masakan
nah kalo kemiri atau ketumbar gue agak lupa yang mana yang bikin renyah masakan, haha
tepung beras: bikin keras, contoh buat goreng kentang goreng biar ga lemes begitu habis digoreng.
tomat ini tergantung selera sih, tapi katanya masakan yang pake tomat, bikin masakan ga tahan lama alias cepet basi. gituuu.

Nah, habis itu, teknik-teknik masakan juga beda-beda buat tiap masakan. apalagi kalo masak daging-dagingan yang biar si bumbu ini ngeresep ke dalem dagingnya, ada teknik-teknik tertentu yang bikin bumbu itu ngeresep.

Setelah gue jago masak masakan rumah yang standar, gue mau belajar bikin camilan yang enak dan lucu-lucu buat bekal anak gue entar. obesesi gue akhir-akhir ini sih. HAHAHAHA
Pengen banget bisa masak masakan aneh-aneh, makanya harus bisa masak masakan standar dulu. dan gue belom pernah nyobain masak pepes, kalo ga salah bumbunya juga agak ribet deh kalo pepes daging-dagingan gitu ya. wekekekeke.

kenapa gue jadi mental ibu-ibu begini ya -____-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar